Cara Kreatif Jauhkan Anak dari Gadget Addiction

14 November 2018

Vegie Fruit Premium - Di era teknologi canggih ini hampir semua orang sudah memiliki gadget, baik tua maupun muda, pria juga wanita. Bahkan penggunaan gadget kini sangat sulit dibatasi lagi, termasuk untuk anak-anak di bawah umur, mungkin juga untuk buah hatimu.

 

Tidak jarang kita temui banyak anak kecil yang sudah teradiksi oleh teknologi, atau dapat disebut dengan gadget addiction. Banyak pula orang tua yang pada akhirnya memberikan gadget untuk anak mereka karena berbagai alasan. Misalnya agar mau makan dengan tenang, tidak berisik, tidak ngambek dan sebagainya.

 

Hati-hati, ada sederet akibat negatif yang dapat muncul akibat adanya gadget addiction ini seperti mata minus, tumbuh kembang yang lambat, mengganggu fungsi otak, obesitas, sifat agresif dan sebagainya.

 

Tidak mau kan hal itu terjadi pada buah hatimu? Simak penjelasannya berikut ini:

 

Bahaya Menggunakan Gadget Bagi Kesehatan

 

Menghambat Pertumbuhan

 

Menurut Cris Rowan, ahli terapi okupasi dari British Columbia University mengungkapkan bahwa memberikan teknologi kepada anak di bawah usia 12 tahun menyebabkan penurunan dalam perkembangan dan kemampuan belajar termasuk gerak motorik anak.

 

Obesitas

 

Karena gerak motorik yang terbatas akibat gadget, maka anak pun akan lebih nyaman untuk melakukan aktivitas di depan layar dibandingkan aktivitas fisik di luar ruangan yang membuat mereka berkeringat. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap risiko seorang anak terkena obesitas.

 

Mata Minus

 

Ahli optometri di Sydney, Australia mengatakan bahwa anak yang banyak menggunakan gadget berisiko mengalami kerusakan mata permanen karena emisi cahaya biru yang berasal dari gadget. Dr Jim Kokkinakis dari The Eye Practice juga memperingatkan orang-orang yang suka mengeluh sakit mata dan mata kering bahwa rasa sakit yang mereka keluhkan itu disebabkan oleh penggunaan gadget dalam waktu berlebihan.

 

Untuk menghindari hal di atas, kamu masih bisa melakukan banyak hal kok!

 

Tips Parenting Untuk Menjauhkan Anak Dari Gadget Addiction

 

  • Jangan berikan gadget untuk anak berusia di bawah 18 bulan. Jika memang kamu ingin mengenalkan gadget sejak dini, pastikan kamu memilih gadget kids friendly dan konten-konten pilihan yang aman.

 

  • Batasi penggunaan gadget hanya satu jam sehari untuk anak berusia 2-5 tahun, dan tentunya batasi pula apa saja yang mereka akses seperti film atau game Sebagai orangtua, kamu tetap harus mengawasi anak sambil menemaninya ketika menggunakan gadget.

 

  • Untuk anak di atas usia 6 tahun, buat time limit penggunaan gadget. Pastikan jam yang kamu pilih bukan jam beristirahat tidur siang, bermain di luar ruangan dan tentunya jam belajar.

 

  • Berkomitmen dengan keluarga untuk memiliki quality time tanpa penggunaan gadget sama sekali misalnya ketika jam makan malam. Di kesempatan itu kamu bisa sedikit menjelaskan apa saja bahaya yang bisa terjadi karena penggunaan gadget berlebihan agar mereka lebih mengerti.

 

Selain menerapkan kebiasaan di atas, pastikan pula anakmu memiliki asupan gizi kaya vitamin yang cukup dan aktivitas olahraga teratur. Kurangi konsumsi junk food dan ganti dengan snack bergizi seperti Vegie Fruit Premium yang baik untuk tubuh termasuk kesehatan mata.

 

Vegie Fruit Carrot Squeeze yang terbuat dari wortel, jeruk dan nanas bernutrisi tinggi mengandung 30% nutrisi untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, 1 botol Vegie Fruit Carrot Squeeze juga mengandung 100% nutrisi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, 50% nutrisi yang akan memenuhi kebutuhan serat harian. Vegie Fruit dapat menjadi sajian alternatif buah dan sayur untuk bantu memenuhi kebutuhan vitamin keluarga.

 

 

 

Sumber Pendukung:

 

https://www.milna.com/en/articles/effects-gadgets-children/

https://www.dailytelegraph.com.au/entertainment/arts/your-childs-phone-and-tablet-could-be-harming-their-eyes-expert-warns/news-story/c91174a8dcd55d0e70f0836144a403c5