Tips Merayu Anak untuk Menyukai Buah dan Sayuran

08 February 2017

Jakarta - Kebiasaan makan sayurandan buah seharusnya dibiasakan sejak dini. Peran orang tua sangat penting dalam memberi contoh pola makan sehat.

Psikolog Ayoe Sutomo M.Psi menjelaskan, mengenalkan sayuran dan buah pada anak merupakan tantangan yang tidak mudah. Anak tidak suka makan buah dan sayur karena tidak dikenalkan dan tidak dibiasakan.

"Orang tua sering beralasan repot menyiapkan makanan dengan harus mengolah sayur dan buah," ujar Ayoe di sela diskusi media 'Asupan Serat Sejak Dini Cegah Penyakit Kronis' di Jakarta, Rabu (16/11).

Ayoe menambahkan, terdapat anak yang trauma makan sayuran dan buah karena cara memberikannya dengan dipaksa. Jika sudah pada kasus seperti ini maka akan terbawa seumur hidup dan harus diterapi.

"Untuk anak-anak berkebutuhan khusus kadang memang terjadi gangguan sensor di lidah sehingga mereka tidak dapat mengonsumsi buah dan sayur yang keras. Sebaiknya, orang tua mengenalkan sayur dan buah sejak dalam kandungan," kata Ayoe.

Selain itu, lanjut dia, biasakan makan menu sayur dan buah atau memberikan contoh. Seorang ibu, kata Ayoe, merupakan pengambil keputusan (decision maker) di rumah sehingga berkuasa menyiapkan makanan sehat.

"Bagi kalangan orang tua yang sibuk, tidak harus selalu menyiapkan hidangan sayuran di rumah. Namun, dalam setiap kesempatan makan di luar rumah pun selalu disertakan sayur dan buah," kata dia.

Untuk menarik minat si kecil, lanjut dia, orang tua dapat mengkreasikan sayur dan buah dengan menu-menu yang enak dan menarik. "Jangan lupa untuk selalu menekankan pentingnya buah dan sayur untuk kesehatan pada anak," paparnya.

Ayoe menegaskan, anak yang terlanjur tidak menyukai buah dan sayur prinsipnya adalah tidak memaksa. Kenalkan perlahan-lahan atau dikombinasikan dengan makanan lain, dalam jumlah sedikit demi sedikit.

"Makan bersama menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mendidik dan mengenalkan makanan sehat untuk anak," ujar dia.

Untuk memenuhi kebutuhan buah dan sayur, Group Brand Manager Beverages PT Kalbe Farma Tbk Arwin Hutasoit mengatakan pihaknya Vegie Fruit premium menyasar konsumen kategori health starter dan health adopter karena kehadiran produk ini memang dalam rangka memenuhi gaya hidup sehat masyarakat, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

"Teknologi UHT yang digunakan menjamin nutrisi dan kesegaran produk tetap terjaga meskipun tanpa menggunakan bahan pengawet," kata Arwin.

 

source : http://www.beritasatu.com/anak/399573-tips-merayu-anak-untuk-menyukai-buah-dan-sayuran.html